Senin, 15 Oktober 2012

Modifikasi Suzuki Shogun 125

Buat yang kerap main adu kebut malam di trek lurus 500 meter, silakan coba Suzuki Shogun 125 yang dipacu Faisal F. A. ini. Seting dite-rapkan khusus untuk setengah kilometer. Kapasitas mesin, baru 201 cc lho!

Menurut Nurcholis Sang Empunya, Herman Lo alias Ahon ada  di belakang layar penggarapan Shogun 125 miliknya.

“Iya. Tapi, sebatas bikin saja. Setelah itu ditangani Hendrik, mekanik yang dipercaya untuk merawat,” buka Olis yang tinggal di Kelapa Dua, Jakarta Barat.

Inti setingan terletak di kepala silinder. Terutama, noken as alias kem. Durasi yang diterapkan, bermain di 273º.

Klep isap, membuka 33º sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 60º sebelum TMB (Titik Mati Bawah).

Sedang klep buang, membuka 60º sebelum TMB dan menutup 33º setelah TMA. Artinya, kedua bumbungan punya durasi yang sama.

Terlihat jelas kalau Lobe Separation Angle (LSA) bermain di 103,5º. “Angka ini tergolong cukup buat trek 500 meter,” kata Hendrik yang usung bengkel HD-Tech Tuan Muda.

Klep Isap, hanya pakai merek EE diameter payung klep 31 mm. Klep ex, dipatok di 26 mm. “Sekarang tenaga atasnya makin dashyat. Sebelumnya pakai batang klep 5,5 mm, sekarang 5 mm,” timpal Faisal yang beken disapa Arab.

Buat mengatur semburan bensol yang masuk ke ruang bakar, karburator Keihin PE 28 direamer hingga 32 mm. Main-jet pakai 122 pilot-jet 58. Rasio kompresi ruang bakar, dipatok di 14 : 1.

Oh ya! Ruang bakar sendiri, disesaki piston Honda Tiger oversize 200 yang berdiameter 65,5 mm. Stroke, dinaikan lewat aplikasi pen stroke 3 mm. Sekarang, langkah piston jadi 59,5 mm. Total isi silinder, 200,8 cc. Tertarik? (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : FDR 50/90-17
Ban belakang : HUT 60/90-17
CDI : Rextor
Koil : Suzuki RM125
HD-Tech Tuan Muda : 0856-8036-303


sumber : http://motorplus.otomotifnet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar